Sabtu, 03 Maret 2012

Pemangku kepentingan kelapa sawit lestari di Indonesia sepakati investasi hijau yang menguntungkan

Jakarta (29/02)-Indonesia telah membuka jalan dalam mencari solusi investasi hijau yang menguntungkan dengan bertemunya Kementerian Pertanian, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, United Kingdom Department of International Development dan WWF-Indonesia untuk merumuskan bentuk-bentuk insentif yang akan memberikan kontribusi utama terhadap perekonomian dan kelestarian lingkungan.

"Pertanian berkelanjutan merupakan prioritas bagi Indonesia. Peraturan Pemerintah No.12 tahun 2012 yang dikeluarkan pada 9 Januari 2012 tentang Insentif Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan menggarisbawahi komitmen yang kuat dari pemerintah untuk menjadikan sektor pertanian sebagai garda terdepan untuk mewujudkan komitmen pembangunan keberlanjutan di Indonesia. Juga merupakan prioritas bagi kami untuk mendukung model pertanian yang berkelanjutan dan investasi bagi petani-petani kecil di pedesaan,” ujar Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan.

Pada tahun 2015, diperkirakan bahwa permintaan dunia atas minyak kelapa sawit akan meningkat dari hanya 45 juta ton pada 2010 menjadi 62 juta sampai dengan 64 juta ton pada tahun 2015. Sebagian besar kebutuhan akan terus dipasok oleh industri minyak sawit Indonesia yang terus tumbuh.

Banyak perusahaan Indonesia berjuang untuk meningkatkan praktek-praktek keberlanjutan mereka. Praktek-praktek yang baik oleh berbagai perusahaan tersebut telah membantu mempromosikan perubahan di sektor industri ini. Namun pada saat yang sama, kritik terhadap minyak sawit Indonesia dalam kaitan dengan dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan masih tetap berlangsung.

Praktek pengelolaan yang baik yang diadopsi oleh beberapa perusahaan terkemuka terbukti bermanfaat bagi bisnis mereka. Baik dalam hal pencitraan dan kepercayaan konsumen, dan tentunya, akses ke pasar, seperti komitmen terhadap penanaman rendah karbon atau dalam penghematan biaya operasional, seperti pengalaman Musim Mas yang melakukan methane capture. Namun, masih ada persepsi bahwa investasi terhadap aspek lingkungan merupakan biaya tambahan dibanding dipandang sebagai sebuah kesempatan untuk meningkatkan daya saing. Sangat dibutuhkan pemahaman yang lebih baik terhadap kesempatan-kesempatan yang tersedia.

Produsen minyak sawit perlu dukungan dari pemerintah untuk melanjutkan langkah positif ini serta mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi. Kebijakan insentif yang kuat oleh pemerintah untuk para produsen, pedagang, pengecer dan konsumen dari produk minyak sawit berkelanjutan yang bersertifikat dapat menjadi faktor penentu untuk memungkinkan dan mempercepat terjadinya perubahan.

Para pemangku kepentingan yang hadir dalam konferensi ini, perwakilan dari pemerintah, swasta dan masyarakat sipil bersama-sama menyatakan bahwa investasi terhadap aspek lingkungan membawa manfaat yang positif bagi bisnis, tidak seperti yang dipersepsikan secara umum. Para pihak berkomitmen untuk bekerja sama dalam kerangka kemitraan dalam mewujudkan pertanian keberlanjutan dan menindaklanjuti model-model insentif yang dibahas. Satuan tugas Agri-Bisnis Berkelanjutan telah dibentuk oleh Kementerian Pertanian untuk tujuan ini.

"Hari ini saya berpartisipasi dalam perdebatan paling konstruktif antara industri, masyarakat sipil dan pemerintah dalam membahas masalah minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO), debat yang telah saya saksikan selama tiga tahun di Indonesia," kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Julian Wilson.

"CPO adalah industri besar bagi Indonesia. Eropa juga menyukai produk kelapa sawit - kami adalah salah satu pasar terbesar Indonesia. Tapi kita semua mengakui ada dampak lingkungan dari industri ini. Jadi hari ini kita mempelajari contoh-contoh bagaimana industri dapat tumbuh pada saat yang sama juga mengatasi masalah-masalah lingkungan. Misalnya, kami mendengar hari ini dari perusahaan yang melakukan methane capture dari pengolahan kelapa sawit dan, sebagai hasilnya, menghemat uang tagihan listrik mereka sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca. Kami berharap industri CPO Indonesia memperbanyak contoh-contoh ini, dan menghijaukan industri mereka sambil menjaga profitabilitas mereka ," tambahnya.

Dukungan terhadap upaya bersama ini juga datang dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Perwakilan Kadin, Shinta Kamdhani menggarisbawahi, "Komunitas bisnis Indonesia melihat kesempatan besar untuk melakukan investasi hijau. Kami menyambut dukungan pemerintah agar pelaku bisnis di Indonesia melakukan transisi tersebut." Dengan dukungan dari pemerintah dan masyarakat sipil dapat menjembatani proses transisi besar yang dapat mengamankan posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia, akan terjadi.

Pada saat yang sama, Dr. Efransjah, CEO WWF-Indonesia, menyatakan bahwa "WWF mendukung pemerintah untuk berinvestasi menyediakan kebijakan pemungkin sebagai insentif untuk mendorong mata rantai komoditas pertanian kunci bergerak ke arah pengelolaan yang keberlanjutan. Hal ini, pada akhirnya nanti, akan membantu pemerintah mengurangi biaya sosial dan lingkungan yang tidak terduga. WWF-Indonesia terdorong untuk mengambil peran aktif dalam bekerja dengan pemerintah, pemimpin dunia usaha, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan kontribusi nilai ekonomi dari komoditi tersebut bagi negara, melalui internalisasi praktek yang memberikan manfaat lingkungan dan sosial di tingkat lapangan."

Tidak ada komentar: