Selasa, 27 April 2010

GAWAI BURONG

Gawai burong merupakan salah satu perayaan Gawai yang ada pada kaum Dayak Iban, gawai ini di laksanakan tidak terlepas karena adanya tradisi mengayau pada suku Dayak, salah satunya pada suku Dayak Iban.
Gawai burong dilaksanakan oleh kaum Dayak Iban dengan maksud untuk menghormati dewa perang mereka yaitu sengalang burong, yang telah membantu mereka dalam perperangan (kayau) .


Penghormatan ini dilaksanakan karena dalam perperangan/mengayau, biasanya suku Dayak, yaitu salah satunya Dayak Iban akan meminta bantuan dewa perang untuk membantu mereka dalam melaksanakan perang (mengayau).
Pesta gawai burong ini tidak lah dilaksanakan dengan cara biasa, tetapi dilaksanakan dengan sangat meriah sekali.
Pada perayaan gawai burong para pengayau dari kaum Dayak Iban berdatangan dan berkumpul untuk menghormati dan berterima kasih kepada dewa perang mereka (sengalang burong).
Pada saat ini Gawai Burong tidak lagi dilaksanakan karena sudah tidak adanya tradisi berperang/mengayau dan juga generasi sekarang sudah tidak tahu lagi ritualnya.

Terima kasih saya ucapkan kepada Mark Engkujat cucu dari nenek Maka Anak Engkujat yang telah mau berbagi Budaya Dayak Iban Sarawak kepada penulis

nara sumber: nenek Maka Anak Engkujat (94tahun); klauh,Dau ,Sri aman ,Sarawak
ditulis oleh: Florentinus Salassaga

2 komentar:

Tikno mengatakan...

Topik-topik posting dalam blog Anda sangat menarik dan isinya jarang dijumpai di blog lainnya.

Tetaplah berkarya melalui posting di blog ini. Saya yakin Anda akan mendapatkan banyak pembaca karena keunikan isi blog ini.

Unknown mengatakan...

http://abwfintho.wordpress.com/2010/11/09/wild-adventure-central-borneo-island/

gabung bos ya..gue juga posting tulisan anda,,sangat menarik sekali...